PROPOSAL PROGRAM Pengadaan Mushaf Al Qur'an

PENGADAAN DAN PEMBAGIAN MUSHAF Al QUR’AN TERJEMAH

A.     LATAR BELAKANG

Situasi kehidupan sekarang ini, menuntut setiap muslim untuk senantiasa  menambah bekal ilmu pengetahuan baik pengetahuan umum apalagi pengetahuan agama. Dengan demikian, seorang muslim tidak hanya mengetahui seluk-beluk urusan dunia tetapi juga mampu mempertebal iman dan memperkokoh aqidah, sehingga mampu membendung kuatnya desakan nafsu dan keputus-asaan dengan kualitas ibadah kepada Allah yang lebih meningkat.

Allah SWT., dalam QS. Al-Mujadilah ayat 11 memberikan motivasi kepada hamba-Nya untuk senantisa menuntut ilmu, demikian juga Rosulullah SAW. dalam banyak haditsnya senantiasa mengingatkan pentingnya mencari ilmu. Upaya ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, baik melalui institusi-institusi  formal maupun nonformal seperti mengikuti pelatihan-pelatihan, mendengarkan ceramah umum, membaca buku-buku, atau dengan bertanya kepada seorang ulama.

Rabithah Majelis Taklim Tarbiyah Syamilah sejak tahun 2006 sampai dengan sekarang melalui berbagai programnya terus berusaha berkontribusi di dalam upaya penyebaran ilmu-ilmu agama baik kepada para anggotanya maupun kepada masyarakat, baik melalui pengajian rutin setiap pekan maupun pengajian akbar yang dilakukan setiap 6 bulan sekali. Sampai saat ini (Maret 2021), terdapat + 870 orang anggota binaan RMT Tarbiyah Syamilah yang tersebar dalam 22 unit Majelis Taklim yaitu:

Unit 01 Desa Rengas Kec. Payaraman

Unit 02 Desa Tanjung Laut Kec. Tanjung Laut

Unit 03 Desa Tanjung Atap Kec. Tanjung Batu

Unit 04 Desa Burai Kec. Tanjung Batu

Unit 05 Desa Seri Kembang 1 Kec. Payaraman

Unit 06 Desa Tanjung Batu Seberang Kec. Tanjung Batu

Unit 07 Kelurahan Tanjung Batu Timur Kec. Tanjung Batu

Unit 08 Kelurahan Tanjung Batu Kec. Tanjung Batu

Unit 09 Rayon 1/2 PTPN 7 UU Cinta Manis

Unit 10 Segonang Jaya Kec. Indralaya Utara

Unit 11 Desa Sentul Kec. Tanjung Batu

Unit 12 Desa Pajar Bulan Kec. Tanjung Batu

Unit 13 Desa Kandis Kec. Kandis

Unit 14 Kec. Tg Batu - Payaraman

Unit 15 Komplek TPI Kec. Indralaya

Unit 16 Tanjung Raja - Sungai Pinang

Unit 17 Desa Tanjung Bulan Kec. Rambang Kuang

Unit 18 Kelurahan Payaraman Timur Kec. Payaraman

Unit 19 Desa Tanjung Atap Kec. Tanjung Batu

Unit 20 Desa Rengas 2 Kec. Payaraman

Unit 21 Desa Bangun Jaya Kec. Tanjung Batu

Unit 22 Komplek BRK Kec. Rambang Kuang

Selain memfasilitasi para anggotanya melakukan ibadah-ibadah jama’i seperti dzikir, dan do’a bersama, dan penyampaian materi taklim, kegiatan rutin yang juga dilakukan dalam setiap pertemuan di setiap unit RMT Tarbiyah Syamilah Ogan Ilir adalah *tilawah, tahsin dan tadabbur Al Qur’an* satu maqra’ per pertemuan, dan saat proposal ini disusun tadabbur Al Qur’an sudah sampai QS. Al Kahfi.

Progress program Bertabur Qur'an dapat dilihat dihalaman facebook tarbiyah syamilah atau www.tarbiyahsyamilah.blogspot.com.

Memperhatikan semangat yang besar pada setiap anggota RMT Tarbiyah Syamilah Ogan Ilir untuk belajar Islam khususnya Al Qur’an dan karena ada sebagian anggota masih belum memiliki mushaf Al Qur’an dengan terjemah, maka menjelang Ramadhan ini Rabithah Majelis Taklim Tarbiyah Syamilah akan melaksanakan program Pengadaan Mushaf Al Qur’an dengan terjemah untuk setiap anggota Rabithah Majelis Taklim Tarbiyah Syamilah dan masyarakat umum yang membutuhkan dan berniat rutin membaca dan mentadabburi ayat-ayat al Qur’an.   

B.     NAMA PROGRAM
Pengadaan Mushaf Al Qur’an dengan Terjemah

C.     DASAR PEMIKIRAN
1.      Q.S. Al-‘Ashr : 1 – 3
2.      Program Kerja Rabithah Majelis Taklim Tarbiyah Syamilah Ogan Ilir

D.     TEMA PROGRAM
“Meraih Kebersihan Jiwa dan Raga Melalui Tilawah dan Tadabbur Al Qur’an”

E.     BENTUK KEGIATAN
Pengadaan Mushaf Al Qur’an dengan terjemah ini akan dilakukan dengan dua cara, yaitu:

1.      Penghimpunan wakaf mushaf Al Qur’an dengan terjemah dan atau infaq sukarela dari anggota dan masyarakat umum yang akan nantinya akan dibelikan dengan mushaf Al Qur’an terjemah. 
   Bantuan dapat disalurkan melalui rekening kas Tarbiyah Syamilah: Bank Sumselbabel : 20909000217 an Yayasan Tarbiyah Syamilah 
   Atau ke alamat sekretariat Tarbiyah Syamilah: Jalan Merdeka KM. 53 RT.10 RW. 5 Kelurahan Tanjung Batu (Belakang SMP N 1 Tanjung Batu) Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Kode Pos: 30664
   Konfirmasi bantuan ke HP/WA : 085267886580

2.      Pembagian Mushaf Al Qur’an dengan terjemah kepada setiap Anggota RMT Tarbiyah Syamilah untuk digunakan dalam program Bertabur Qur'an (Bersama Mentadabburi Al-Qur'an) setiap pertemuan dan masyarakat yang membutuhkan dan ber'azzam untuk tilawah Al Qur’an setiap hari.

F.      TUJUAN

I.       Tujuan Umum

    Meningkatkan pemahaman, penghayatan, pengamalan anggota RMT Tarbiyah Syamilah dan masyarakat tentang ajaran-ajaran agama Islam sehingga menjadi muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT serta berakhlaq mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

II.     Tujuan Khusus

1.   Menyambut bulan Ramadhan 1438 H.

2.   Menambah semangat anggota RMT Tarbiyah Syamilah Ogan Ilir untuk membaca dan memahami Al Qur’an.

3.   Memfasilitasi masyarakat untuk ikut serta dalam pelaksanaan Tarbiyah Islamiyah.

G.     TARGET
Target program ini adalah:

➡ Seluruh anggota Tarbiyah Syamilah memiliki Mushaf Al Qur’an dengan terjemah.

H. PELAKSANAAN

Program Pengadaan Mushaf Al Qur’an dengan Terjemah RMT Tarbiyah Syamilah Ogan Ilir ini insya Allah akan dilaksanakan tanpa batas waktu. 

I.       PENUTUP
Demikian proposal ini kami susun untuk menjadi pedoman kerja dalam melaksanankan kegiatan Pengadaan Mushaf Al Qur’an dengan Terjemah RMT Tarbiyah Syamilah. Bantuan dari semua pihak sangat kami harapkan. Semoga Allah SWT. melimpahkan Rahmat dan Kasih Sayang-Nya kepada kita semua.

Amin Ya Robbal ‘Alamin.

Tanjung Batu, 14 Maret 2020

###############

Inilah Orang Terzalim Di Dunia

Ada Apa Saja Dalam Tarbiyah Syamilah

PROPOSAL PROGRAM Pengadaan Mushaf Al Qur'an PROPOSAL PROGRAM Pengadaan Mushaf Al Qur'an Reviewed by TARBIYAH SYAMILAH on 8:59 AM Rating: 5

1 comment:

  1. Nama : Muhammad Rafi Farhan
    Kelas : XI MIPA 3
    Asal Sekolah: SMA NEGERI 1 TANJUNG BATU

    Jadi jumlah tempat duduk kelas utama adalah 12 buah

    ReplyDelete

Powered by Blogger.